Kamera Mirrorless Rawat dengan Kiat Berikut Agar Awet

Hosting organization: 

Akhir-akhir ini, dunia fotografi semakin banyak diminati orang seiring dengan berkembangnya teknologi kamera. Ditambah lagi dengan booming-nya media sosial yang notabene dijadikan sebagai platform untuk berbagi cerita melalui foto dan video. Mungkin beberapa tahun silam, kamera DSLR masih berada di puncak kejayaannya namun belakangan ini, popularitasnya mulai sedikit tergeser dengan kehadiran mirrorless camera atau kamera mirrorless. Dimana dengan beberapa fitur yang dimiliki oleh mirrorless camera membuatnya terasa lebih unggul di beberapa sisi jika dibandingkan dengan kamera DSLR. Kamera tanpa cermin ini ternyata juga banyak peminatnya sehingga banyak toko dan situs belanja online menyediakannya.

Apakah Anda salah satu pengguna mirrorless camera? Atau berencana untuk membeli mirrorless camera dalam waktu dekat ini? Selain harus merogoh kocek dalam-dalam untuk dapat memilikinya, Anda juga harus tahu cara perawatan mirrorless camera ini seperti apa. Pada dasarnya, perawatan mirrorless camera maupun DSLR tidak jauh berbeda. Karena harganya yang cukup mahal, begitu juga service-nya, berikut ini tips merawat mirrorless camera Anda agar tidak mudah rusak:

  1. Perhatikan suhu penyimpanan. Karena Indonesia memiliki iklim yang tropis maka suhu udaranya pun cenderung lembab. Oleh karenanya, sensor dan lensa kamera jadi lebih rentan terserang jamur. Sehingga Anda wajib memperhatikan tempat untuk menyimpan kamera. Suhu ideal yang paling direkomendasikan untuk penyimpanan kamera adalah sekitar 40-60 derajat Celcius. Selain itu, Anda bisa juga menyimpannya di dalam kotak yang tertutup rapat, dilapisi dengan kain lembut di bawahnya atau spons dan diberi silica gel.

  2. Hindari kontak dengan air. Kecuali jika kamera Anda bersifat waterproof seperti action cam, Anda wajib menghindarkan kamera kontak langsung dengan air. Air dapat membuat komponen internal kamera mirrorless Anda jadi lembab dan berpotensi merusak. Jika Anda terpaksa harus memotret saat hujan atau tempat-tempat basah, maka lindungi dengan waterproof case/cover seperti Dekapack.

  3. Rutin dibersihkan. Apapun gadget yang Anda miliki, seringkali harus dipakai terus menerus sehingga dapat terpapar debu dan kotoran. Coba ingat-ingat kembali, kapan terakhir kali Anda membersihkan kamera Anda? Gunakan blower kecil lalu arahkan ke bagian-bagian kamera yang terlihat ada partikel debu. Gunakan juga kain microfiber untuk mengelap seluruh permukaan kamera. Khusus di bagian tombol navigasinya, Anda bisa membersihkan sela-selanya dengan menggunakan kuas tipis atau cottnon bud.

  4. Jangan lupa lensa. Bukan cuma bodi yang harus diurus, agar lensa tetap ciamik dan menghasilkan gambar yang oke, lensa juga harus dipoles. Caranya adalah dengan melepaskannya terlebih dahulu dari kamera lalu arahkan blower ke dalam lensa untuk menghilangkan debu yang menempel di dalamnya. Setelah disemprot dengan blower, Anda bisa membersihkan lensa dengan cairan pembersih khusus serta kain microfiber. Jika Anda tidak menyemprotkan blower terlebih dahulu dan langsung menggunakan kain untuk mengelapnya maka debu dapat menggores dan meninggalkan baretan tipis pada lensa. Jika tidak ada blower maka Anda bisa menggunakan hair dryer atau bulu kemoceng.

  5. Hindarkan dari perabotan elektronik lainnya. Ini mungkin sering terabaikan oleh kita, padahal dampaknya sebenarnya cukup besar. Hindari penyimpanan kamera mirrorless Anda di sembarang tempat. Sebisa mungkin jangan diletakkan pada benda-benda yang memiliki radius gelombang elektromagnetik seperti televisi, microwave atau bahkan handphone. Jangan lupa jika kamera Anda akan tidak digunakan dalam waktu yang lama, cabut terlebih dahulu baterai kamera hal ini bertujuan agar baterai kamera tidak mudah drop dan tetap stabil.

When: 
24 Sep 2017 - 6:30am - 30 Sep 2017 - 6:30am
Where: 
business
jakarta
United States